Cute Sprout Pot Dunia Sains: Buah-buahan Yang Aneh Di Hutan

Sunday 18 November 2012

Buah-buahan Yang Aneh Di Hutan

Buah Durian ini tidak banyak perbedaanya dengan durian pada umumnya, hanya saja tumbuhnya kebanyakan di dalam hutan, rasanya lebih manis dan dagingnya berwarna merah tua.


Tidak semua orang mengenal buah keranji / kranji. Buah keranji (Dialum indum) banyak ditemukan di daerah Sumatera dan Kalimantan, namun sekarang populasinya sudah semakin sedikit. Buah ini berdiameter kurang lebih 2cm, bercangkang hitam rapuh, daging berwarna oranye dan memiliki biji tunggal dengan rasa asam manis.



Buah bemotong menggerombol di pangkal batang, tepat diatas tanah. Warnanya merah segar. Namun segera akan berubah kecoklatan begitu kita kutip dari pohonnya. Buah yang ukurannya seujung balpoin ini tersusun dalam tandan. Warna daging buahnya ungu atau putih. Rasanya manis. Ada biji kecil ditengahnya. Saat menikmati, kita bisa telan saja biji kecil ini, seperti saat kita makan manggis.



Buah Keledang termasuk buah langka bumi Kalimantan. Bentuknya persis nangka. Demikianpun daging-bu. Hanya ukurannya mini. keledang merupakan buah yang mulai terlupakan seiring dengan habisnya hutan-hutan alami. Pohonnya dapat menjulang tinggi mencapai 30 meter dan berdaun lebar dan sedikit berbulu. Pohon keledang dapat berbuah sejak 5 tahun setelah tanam. Tumbuh diberbagai jenis tanah dan umumnya dihutan tropis dan penuh dengan humus. Buah Keledang rasanya manis dan daging buahnya terpisah dari bijinya seperti nangka. Sensasi rasanya merupakan campuran antara nangka dan manggis. Warna kulit buahnya jingga kemerahan dan bentuk buahnya seperti cempedak.


Buah wanyi ini dagingnya bewarna putih rasanya manis keasam-asaman dan berbau sangat tajam. buahnya lonjong seperti mangga, ukurannya lebih besar dari buah mangga. Ada yang bahanya darai wanyi ini, yaitu Getah pohonnya, jika kita terkena getahnya efeknya gatal-gatal. Buah wanyi hidup di hutan kalimantan, dan paling banyak terdapat di Kaltim, sayang buah ini susah sekali di temui apa lagi daerah di kota-kota, kalau pun ada palingan cuma 1 pohon saja yang masih hidup.









3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  3. Outdoor activities often led to emergency situations. Lost, bad weather hampered, or run out of stock.
    togel singapura

    ReplyDelete