Cute Sprout Pot Dunia Sains: Bahagian-bahagian Tumbuhan

Monday 12 November 2012

Bahagian-bahagian Tumbuhan




Tumbuhan termasuk dalam makhluk hidup, mengapa? Kerana tumbuhan dapat tumbuh dan berkembang. Bagaimana tumbuhan dapat tumbuh dan berkembang? Seperti halnya makhluk hidup lain, tumbuhan juga memiliki bagianbagian yang penting. Bagian-bagian tersebut memiliki fungsi masing-masing dalam proses kehidupannya. Bagian-bagian tersebut antara lain akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.



1. Akar

Pernahkah kamu memerhatikan tumbuhan yang baru dicabut dari tanah? Jika pernah, kamu akan melihat bahawa ada bahagian tumbuhan yang berada di atas tanah dan ada bahagian tumbuhan yang berada di bawah tanah. Bagian tumbuhan yang berada di dalam tanah adalah akar.


Akar membuat tumbuhan menjadi tidak mudah untuk dicabut dari tanah. Jadi, akar berfungsi sebagai bahagian yang mengokohkan tumbuhan. Jika tumbuhan
tidak memiliki akar, tumbuhan akan mudah dicabut, mudah roboh ketika diterpa angin, atau hanyut terbawa air ketika turun hujan.

Zat-zat mineral dan air yang dibutuhkan untuk membuat makanan diserap oleh akar dari dalam tanah. Namun, pada beberapa tumbuhan tertentu, akar tidak hanya berfungsi menyerap air dan mineral, tetapi juga berfungsi sebagai penyimpanan cadangan makanan, misalnyaBerdasarkan bentuknya, terdapat dua jenis akar, iaitu akar serabut dan akar tunggang.




Perhatikan gambar Akar serabut biasanya dimiliki oleh tumbuhan jenis monokotil (biji oleh tumbuhan jenis dikotil (biji berkeping dua). Misalnya, mangga, jambu, jeruk, dan kacangkacangan.



2. Batang

Bagian tumbuhan yang berada di atas tanah adalah batang. Batang berfungsi sebagai tempat munculnya daun, bunga, dan buah. Di samping itu, batang juga berfungsi untuk mengedarkan mineral dan air yang diserap akar, serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh. 



3. Daun



Bahagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis adalah daun. Daun banyak mengandung zat warna hijau yang disebut klorofil. Daun terdiri atas tangkai daun dan helaian daun. Di samping bagian-bagian tersebut, ada beberapa jenis tumbuhan yang mempunyai pelepah pada daunnya. Daun pun mempunyai
susunan tulang daun. Berdasarkan susunannya,tulang daun ada yang menyirip, menjari, dan sejajar.



4. Bunga         


Bunga merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Bagaimanakah bunga berperan sebagai alat perkembangbiakan? Amatilah bagian-bagian yang ada di dalam bunga.



5. Buah dan Biji



Kamu tentunya sangat suka makan buah-buahan. Apakah sebenarnya buah itu?

Sebenarnya, buah merupakan bahagian tumbuhan yang berfungsi melindungi biji, iaitu tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik.


















No comments:

Post a Comment